Promosi Blog Ke Search Engine

promosi blog

Sebagai pemilik usaha kecil dan menengah, Sahabat  mungkin tahu bahwa menulis adalah kunci dari pemasaran pada sebuah blog. Namun, hanya menulis artikel dan mengirimkan sebanyak yang sahabat bisa tidaklah cukup. Berikut ini 10 Cara Inovatif
Mempromosikan Blog :

  1. Menawarkan untuk menulis pada Blog Posts Guest
    Banyak pemilik blog secara aktif mencari blogger tamu. Sahabat dapat mencoba blog dalam direktori seperti Technorati atau Blogger Linkup atau Lintasme dan sebagainya, yang bisa saling terhubung dengan pemilik blog yang lain.
  2. Blog Komunitas
    Perkumpulan para Blogger baik dari daerah asal, nasional dan internasional. Contoh Komunitas Blog yang bisa sahabat kunjungi  MyBlogLog, Blogged, BlogCatalog, Facebook, NetworkedBlogs, Indonesia Blogger. Mesin pencari akan mengindeks blog lebih cepat karena komunitas blog memiliki peringkat yang tinggi.
  3. Blog Direktori adalah tempat yang bagus untuk mempromosikan blog sahabat. Keuntungan dari ini adalah bahwa lebih banyak orang akan menemukan blog sahabat karena blog yang terdaftar. Salah satunya adalah Technorati.
  4. Kirim Dokumen ke Situs Berbagi
    Dokumen situs berbagi sering sekali diabaikan oleh pemilik usaha kecil dan rumah. Contohnya adalah Scribd, Issuu atau Docshare dan sebagainya, masing-masing mempunyai peringkat pada mesin pencarian. Sahabat harus membuat artikel ke dalam dokumen PDF untuk ini.
  5. Feed Direktori
    Anda juga harus mengirimkan blog Anda ke Feed RSS Feed Direktori. Berikut adalah beberapa yang gratis : Feedage, Feedraider, GoldenFeeds, BlogDigger, RssMountain, RssMicro.com, RssMotron.com, Technorati.com dan IceRocket dan sebagainya. Sekali sahabat mengirimkan feed, direktori ini terus mencari pesan baru dari blog sahabat, dan akan selalu terindeks mereka.
  6. Pinging Site
    Saya biasa menggunakan freewebsubmission karena gratis dan mudah penggunaanya. Ping situs sangat penting jika ingin Blog sahabat terindeks mesin pencari, sahabat harus melakukannya setiap hari agar dapat terindex oleh mesin pencari. Cukup sekali dalam sehari, bila lebih google akan menganggapnya suatu spam.
  7. Situs Jejaring Sosial
    Jika sahabat mendaftar jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Google+ dan YouTube +, gunakan nama blog sahabat sebagai username. Ini akan membantu blog sahabat terindeks dengan cepat.
    Berbagi posting blog di situs sosial media untuk mengundang komentar dan retweets yang akan membantu peringkat mesin pencari. Sahabat dapat membuat proses ini secara otomatis melalui layanan seperti OnlyWire atau Scoop.it.
  8. Social Bookmarking Site
    Situs bookmark sosial seperti StumbleUpon, Digg, dan Delicious juga dapat membantu untuk memberikan lebih banyak lalu lintas yang mengarah ke website sahabat.
  9. Blog Broadcasts
    Tambahkan autoresponder pada link blog sahabat, ini akanmengundang sahabat lain untuk mengomentari postingan sahabat.
  10. Menulis posting untuk Ezines dan Association
    Anda dapat menulis artikel untuk ezines dan Association.

Ingat: konten/artikel adalah raja. Jika sahabat telah menerapkan semua strategi dan konten sahabat sedikit, semua akan percuma. Anda juga perlu posting artikel setiap hari.

Semoga bermanfaat.

Sumber : Hannah Du Plessis.

2 thoughts on “Promosi Blog Ke Search Engine

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s