MENGATASI CEGUKAN DENGAN MUDAH

stop cegukanCegukan adalah kontraksi tiba-tiba yang tak disengaja pada diafragma, dan umumnya terjadi berulang-ulang setiap menitnya. Udara yang tiba-tiba lewat ke dalam paru-paru menyebabkan glottis (ruang antara pita suara) menutup, serta menyebabkan terjadinya suara hik. Cegukan umumnya akan selesai dengan sendirinya, meskipun ada beberapa pengobatan rumah tangga (home remedy) untuk mempercepat cegukan, dan ada beberapa pengobatan yang dibutuhkan. Istilah medis untuk cegukan adalah singultus. Cegukan seringkali berkembang dalam situasi tertentu, seperti makan terlalu cepat, minum air dingin sesaat setelah makan makanan panas, makan makanan yang sangat panas atau pedas, tertawa atau batuk terlalu keras, kelebihan minuman beralkohol, atau karena keseimbangan elektrolit.

Berikut cara mengatasi cegukan dengan mudah,

Langkah 1 :
-Tarik Nafas dalam-dalam tahan sekitar 3-4 detik

Langkah 2 :
-Keluarkan Nafas secara perlahan

Langkah 3 :
-Kembali ke langkah no. 1

Dengan cara ini sangat mudah maka cegukan akan segera hilang. Apabila ada orang tua anda yang menyarankan untuk minum air putih itu memang benar karena di air terdapat kandungan oksigen yang kemudian bisa mencukupi kadar oksigen yang dibutuhkan. namun dengan Cara mengatasi cegukan di atas lebih simple sebab kadar oksigen yang akan tertampung akan lebih banyak dan yang pasti asalah cegukan anda akan hilang.

Apabila terjadi pada anak anda yang berusia balita juga bisa dengan Cara mengatasi cegukan di atas, namun lebih baik untuk memberinya nafas buatan saja melalui mulut, hal itu pasti lebih mudah. karena pasti anak usia balita pasti belum bisa di arahkan. Namun, untuk anak anda yang memiliki usia di atas 5 tahun, bisa di ajak berkomunikasi tentu anda bisa membantunya dengan Cara mengatasi cegukan di atas.

Selamat mencoba semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s